Logo Bloomberg Technoz

Sistem Kerja Alat Prakiraan Cuaca Berbasis AI Milik WindBorn

News
18 July 2024 19:20

Alat perkiraan cuaca dengan teknologi AI milik WindBorne. (Dok: Bloomberg)
Alat perkiraan cuaca dengan teknologi AI milik WindBorne. (Dok: Bloomberg)

Brain Kahn-Bloomberg Businessweek

Bloomberg, Dengan tarikan tali, balon yang sarat dengan sensor meluncur ke langit tak berawan di atas tempat parkir di Palo Alto, California. Di bawah, tiga orang pendiri WindBorne Systems Inc, sebuah perusahaan startup prakiraan cuaca dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), menegakkan leher mereka untuk menyaksikan apa yang terlihat seperti ubur-ubur bergoyang, memulai perjalanan selama beberapa hari melintasi AS dan kemungkinan besar lebih dari itu.

Sensor-sensor pada balon tersebut akan memantau kecepatan angin, suhu, dan tekanan atmosfer saat balon tersebut melintasi atmosfer selama 12 hari.

Ini adalah bagian dari strategi multipronged WindBorne untuk membuat prediksi cuaca yang lebih baik dengan mengumpulkan data, yang dijual terutama kepada para pedagang energi yang ingin mengatasi potensi ketegangan pada jaringan listrik.

Sejak 2021, startup  ini juga telah bekerja sama dengan  National Oceanic and Atmospheric Administration, yang sedang menguji apakah data balon dapat meningkatkan kemampuan peramalannya.