Logo Bloomberg Technoz

Batuk Tak Boleh Disepelekan, Segera Periksa Bila Terjadi Ini

Dinda Decembria
18 July 2024 16:30

Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato)
Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dokter Spesialisasi Penyakit Dalam Konsultan Paru, dr Ika Trisnawati Sp.PD-KP, M.Sc mengatakan batuk tidak boleh disepelekan meski kelihatannya penyakit ini ringan.

Apabila batuk sudah melewati 3-5 hari tanpa membaik dan bertambah gejala seperti demam. Maka perlu perhatikan juga warna dahak ketika dikeluarkan saat batuk.

"Kalau sudah berubah warna, ada nyeri dada, sesak napas berat, penurunan berat badan, minta tolong segera ke dokter, harus dilakukan pemeriksaan cepat bahwa ini bukan batuk biasa," ujar dokter Ika melalui live Kementerian Kesehatan.

Pada dasarnya kata dokter Ika batuk bisa diobati secara mandiri. Asal gejala batuk yang dialam seseorang masih ringan, tidak ada gejala tambahan, hingga tidak mengalami penurunan berat badan

"Mau secara tradisional dulu, tidak dilarang, kencur, kencur bagus, jahe untuk meringankan pernapasan di tenggorokan, ini karena gatal iritasi boleh bukan infeksi. Tidak masalah juga minum obat batuk umum, tanpa resep dokter boleh," jelasnya.