Logo Bloomberg Technoz

Italia Selidiki Google Atas Dugaan Persaingan Usaha Tak Sehat

News
18 July 2024 16:00

Google.
Google.

Antonio Vanuzzo dan Flavia Rotondi - Bloomberg News

Bloomberg - Otoritas persaingan usaha Italia membuka penyelidikan terhadap Google dan perusahaan induknya, Alphabet Inc, atas dugaan praktik usaha yang tidak adil dan informasi yang tidak lengkap yang diberikan kepada para pengguna layanan.

Penyelidikan ini berfokus pada kualitas informasi yang diberikan kepada pengguna ketika "menautkan" ke layanan mereka, kata otoritas persaingan usaha dalam sebuah pernyataan melalui email. Ditambahkan bahwa tidak jelas bagi pengguna apa dampak dari persetujuan mereka, dan bagaimana data pribadi mereka digunakan.

Menurut regulator, permintaan persetujuan Google "mungkin merupakan praktik komersial yang menyesatkan dan agresif" yang tampaknya disertai dengan informasi yang tidak lengkap yang dapat mempengaruhi pilihan apakah dan sejauh mana persetujuan harus diberikan.

Perwakilan Google tidak segera membalas permintaan komentar. 

Penyelidikan ini dilakukan di tengah meningkatnya pengawasan oleh regulator Eropa terhadap praktik perusahaan teknologi besar, termasuk bagaimana mereka menggunakan data pribadi serta potensi penyalahgunaan dominasi pasar.