Logo Bloomberg Technoz

“Akan kami kaji bagaimana [baiknya] masih ada waktu beberapa hari lagi [sebelum diputuskan],” ujarnya.

Pemberian diskon bagi pengguna jalan tol selama masa arus mudik maupun balik Lebaran 2023 merupakan salah satu upaya untuk memecah kepadatan. Diskon diberikan bagi pengguna jalan tol yang melintas di waktu-waktu tertentu.

Diskon biasanya diberikan sebelum atau sesudah puncak arus mudik maupun balik. Dengan demikian, kendaraan tidak akan menumpuk di hari atau jam tertentu, khususnya di gerbang tol.

Selain menyiapkan diskon bagi pengguna JTTS, tahun ini Hutama Karya akan membuka secara fungsional tiga ruas tol di Sumatra, yakni Indralaya-Prabumulih, Sigli - Banda Aceh, Binjai - Langsa - Parapat - Stabat Akses Jalan Proklamasi, Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Segmen Tebing Tinggi - Indralaya.

Sama seperti tahun sebelumnya, pembukaan ruas tersebut dilakukan dengan diskresi kepolisian dan secara terbatas.

“Dioperasikan secara terbatas dari pagi hingga sore hari saja. Tentunya dengan diskresi kepolisian untuk ruas tol ini. Untuk kesiapan tol fungsional ini sudah siap dioperasikan H-7 nanti,” tuturnya.

Langkah lainnya yang akan dilakukan oleh Hutama Karya untuk mengurai kepadatan saat masa arus mudik dan balik Lebaran 2023 adalah menyiapkan jalur khusus bagi pengguna JTTS yang kurang saldo.

Berbeda dengan di Jawa, masih banyak pengguna jalan tol di Sumatra yang tidak mencukupi saldo uang elektroniknya sebelum melakukan perjalanan.

“Selain gardu khusus, nanti juga akan ada petugas yang bersiaga sebelum memasuki gardu tol untuk membantu pengguna jalan yang saldonya tidak cukup untuk mengisi saldo atau asongan begitu,” paparnya

(rez/wdh)

No more pages