Logo Bloomberg Technoz

Hutama Karya Pastikan Diskon Tarif Trans-Sumatra Selama Lebaran

Rezha Hadyan
10 April 2023 17:30

Salah satu jalan tol Trans Sumatera. (Dok Hutamakarya.com)
Salah satu jalan tol Trans Sumatera. (Dok Hutamakarya.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) akan memberikan diskon di ruas Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) yang dioperasikannya selama masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. 

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan masih berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait dengan rencana tersebut. Saat ini, ruas JTTS yang dioperasikan oleh badan usaha milik negara (BUMN) tersebut mencapai 587 km atau bertambah 268 km dalam kurun waktu empat tahun.

“Masih koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk diskon ini bagaimana implementasinya. Diharapkan, sebelum 15 [April 2023] sudah final,” katanya ketika ditemui oleh awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Pemberian diskon ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri PUPR Basuki Hadimujono. Dia meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk ikut memberikan potongan tarif tol saat mudik dan balik Idulfitri 2023.

Walaupun sudah bisa dipastikan akan ada diskon bagi pengguna JTTS, Koentjoro belum bisa memastikan berapa persentase diskon yang bakal diberikan. Apakah akan mengikuti PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 20% di ruas Tol Jakarta-Cikampek atau menggunakan perhitungan lainnya.