Logo Bloomberg Technoz

Tiga anggota baru Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut adalah Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono; Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono; dan Wakil Menteri Investasi, Yuliot Tanjung.

"Akan mendapat hak keuangan sesuai dengan aturan perundang-undangan," kata protokol kepresiden Kementerian Sekretariat Negara pada saat pelantikan di Istana Negara.

Pesimisme pasar 

Pelaku pasar merasa pesimistis dengan penunjukan Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II, mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Wakil Menteri Keuangan I Suahasil Nazara.

"Saat ini pasar masih merasa pesimistis terhadap penunjukkan Thomas Djiwandono yang merupakan anggota partai dan dianggap kurang mempunyai kredensial teknokrasi yang kuat. Tentu para pelaku pasar berharap Pak Thomas dapat menjaga reputasi pruden Kemenkeu yang sudah terbangun selama ini. Selain harapan tersebut, pasar juga menunggu agenda fiskal pemerintah selanjutnya yang sebenarnya, terutama setelah kesimpangsiuran informasi dalam 2 bulan terakhir," kata Lionel Priyadi, Macro Strategist Mega Capital Sekuritas.

Premi risiko investasi Indonesia melesat ke level tertinggi dalam hampir tiga pekan terakhir ke level 74,18 pada pukul 15:22 WIB. Kenaikan premi Credit Default Swap itu mengindikasikan para investor menilai risiko berinvestasi di Indonesia semakin meningkat. 

(rui)

No more pages