Logo Bloomberg Technoz

BI Lapor Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal II 2024

Redaksi
18 July 2024 14:35

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha meningkat pada triwulan II 2024. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 17,20%, lebih tinggi dari SBT triwulan I 2024 yang sebesar 14,11%.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), meningkatnya kegiatan dunia usaha ditopang oleh kenaikan kinerja beberapa lapangan usaha, antara lain pertanian, kehutanan, dan perikanan.

"Hal ini sejalan dengan pergeseran musim panen, khususnya komoditas tanaman pangan di sejumlah wilayah," demikian tertulis dalam Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha yang dirilis BI, Kamis (18/7/2024).

Selanjutnya, penopang lain adalah lapangan usaha transportasi dan pergudangan, serta konstruksi. Kemudian, perdagangan besar eceran dan reparasi mobil motor, serta penyediaan akomodasi dan makan minum juga mengalami peningkatan permintaan pada saat hari besar keagamaan nasional Idulfitri, Waisak, Kenaikan Isa Al Masih, dan Iduladha.

Hasil survei menunjukkan kapasitas produksi terpakai pada triwulan II 2024 tercatat sebesar 73,70%, meningkat dibanding triwulan sebelumnya yang sebesar 73,61%. Penggunaan tenaga kerja juga terindikasi meningkat disertai kondisi keuangan dunia usaha yang berada dalam kondisi baik, khususnya pada aspek likuiditas dan rentabilitas, didukung mudahnya akses pembiayaan