Logo Bloomberg Technoz

Ekonom: Wamenkeu Baru Upaya Prabowo Amankan RAPBN 2025

Redaksi
18 July 2024 15:12

Konferensi Pers terkait Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Konferensi Pers terkait Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Thomas Djiwandono menjadi Wakil Menteri Keuangan II (Wamenkeu II) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024). 

Nantinya, keponakan Presiden Terpilih Prabowo Subianto ini akan bermitra dengan Wamenkeu I Suahasil Nazara untuk mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani di sisa tiga bulan pemerintahan Kabinet Indonesia Maju. 

Ekonom Universitas Paramadina Wijayanto Samirin menilai penempatan Tommy, sapaan akrab Thomas Djiwandono, sebagai Wamenkeu II merupakan upaya Prabowo untuk memastikan bahwa rancangan pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025 --yang akan mulai dibahas bulan depan-- sejalan dengan visi dan misi pemerintahan baru. 

"Di mana program-program unggulan Prabowo Subianto akan mendapat prioritas anggaran," ujar Wijayanto kepada Bloomberg Technoz, Kamis (18/7/2024). 

Menurut dia, salah satu tantangan terbesar pemerintahan Prabowo Subianto mendatang adalah kondisi fiskal yang sangat buruk. Maka itu, menurut dia, penempatan Thomas Djiwandono sebagai Wamenkeu juga merupakan upaya untuk menjaga agar kondisi fiskal tidak semakin memburuk, paling tidak hingga transisi ke pemerintahan baru.