Logo Bloomberg Technoz

Selain itu batuk juga ada yang disebabkan dari gangguan ginjal yang bisa berujung pada batuk dengan menganggu pada organ paru-paru.

"Biasanya gangguan ginjal juga ada tanda gejala mengalami penurunan produksi urin," jelasnya.  

Tipe paling umum yang sering dirasakan untuk gejala batuk. Yakni gejala pada paru-paru sistem pernapasan. Biasanya ini terjadi akibat faktor risiko alergi, infeksi atau paling berat biasanya pada kelainan keganasan tumor pada organ pernapasan.

Faktor risiko:

1.⁠ ⁠Alergi

Batuk biasanya muncul pada penyakit asma. Asma biasanya muncul adanya riwayat keluarga sebesar 80%.

"Dokter wajib nanya ketika ada pemeriksaan pasien ketika batuk alergi, ada riwayat asma keluarga tidak," jelas dokter Ika. 

Kemudian seseorang ada yang mudah terkena alergi, seperti terpapar saat mengonsumsi makanan, kemudian menimbulkan gatal, mata merah, mata bengkak, biduran. 

2.⁠ ⁠Infeksi

Batuk yang disebabkan oleh infeksi, biasanya faktor risiko ini pada umumnya semua orang bisa terkena. Contoh nyata ialah Covid-19 salah satu penyebab batuk. 

"Oleh karena itu proteksi saatdi tempat umum, apabila sakit gunakan masker, kalau ada batuk flu harus sadar diri, supaya ga di tularin. Infeksi bakteri melalui udara sangat mudah menular," tambahnya.

3.⁠ ⁠Pada pasien penyakit kronis

Seperti liver, gagal jantung, diabetes memiliki imunitas yang berbeda. Proteksi terhadap inhalasi melalui udara harus dijaga. 

4.⁠ ⁠Tumor

Batuk juga bisa disebabkan dari tumor pernapasan. Penyakit ini menyerang pada sistem pernapasan. Untuk itu, faktor risiko yang harus dihindari ialah paparan udara, asap rokok, polutan, 

"Kalau bekerja di tempat menghasilkan polutan gunakan proteksi, supaya tidak terhindar dari toksin yang banyak,"ujar dokter Ika.

(dec/spt)

No more pages