Logo Bloomberg Technoz

Tanda-tanda Batuk Mulai Berbahaya yang perlu diwaspadai

Dinda Decembria
18 July 2024 13:30

Ilustrasi anak batuk (Envato/FamilyStock)
Ilustrasi anak batuk (Envato/FamilyStock)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Batuk adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing seperti kuman, virus, debu, atau zat iriatif dari dalam saluran pernapasan.

Akan tetapi, batuk juga bisa merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit dan paling utama biasanya ada kelainan pada paru-paru.

Dokter Spesialisasi Penyakit Dalam Konsultan Paru, dr Ika Trisnawati Sp.PD-KP, M.Sc, mengatakan meski batuk terlihat penyakit ringan tetapi ada tanda-tanda bahaya yang perlu diwaspadai.

Yakni di antaranya ketika pasien sudah mengalami gagal jantung yang diakibatkan pada pompa jantung kemudian memanifestasi ke organ paru. Akibatnya paru akan dipenuhi cairan tubuh akibat sirkulasi pompa darah ke jantung yang tak maksimal.

"Kalau di luar paru, ada organ lain ada organ fungsi tidak bekerja bagus, komplikasi paru, pada pasien gagal jantung, pompa jantung lemah, tidak semua darah pompa ke seluruh tubuh, akan balik ke organ ke paru. Sistem darah dari jantung ke sistemik, akan melalui paru, kemudian kembalikan ke jantung, kalau jantung tidak bekerja dengan baik, maka paru-paru terisi penuh cairan karena kegagalan pompa jantung," kata Dokter Ika.