Logo Bloomberg Technoz

Thomas Djiwandono Diisukan Jadi Wamenkeu II, Posisi Suahasil Aman

Redaksi
18 July 2024 10:11

Konferensi Pers terkait Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Konferensi Pers terkait Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus Partai Gerindra Thomas Djiwandono dikabarkan akan segera dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II. Hal ini menegaskan bahwa akan ada penambahan jabatan Wamenkeu, bukan mengganti pejabat yang sudah ada.

Mengutip Reuters dari sumber anonim pada Kamis (18/7/2024) pagi, Thomas yang merupakan keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto disebut akan mengisi posisi Wamenkeu II yang akan bermitra dengan Wamenkeu I Suahasil Nazara untuk mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kabar sejauh ini, Thomas atau biasa dipanggil Tommy akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis sore nanti di Istana Negara, Jakarta. Saat ini, Thomas adalah Anggota Bidang Keuangan Satuan Tugas (Satgas) Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo-Gibran.

Jika menilik ke belakang, Kementerian Keuangan juga pernah memiliki dua Wamenkeu sebelumnya, tepatnya di era Kabinet Indonesia Bersatu II yang dipimpin Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Saat itu, posisi Wamenkeu dijabat oleh Anny Ratnawati dan Mahendra Siregar. Keduanya bertugas mendampingi mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Kemudian, sempat pula mendampingi mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri.