Logo Bloomberg Technoz

Freeport: Longsor Mimika Tidak Berdampak pada Operasional 

Dovana Hasiana
18 July 2024 10:30

Truk angkut mengangkut bijih dari tambang terbuka di kompleks tambang tembaga dan emas Grasberg milik Freeport di Papua. (Dadang Tri/Bloomberg)
Truk angkut mengangkut bijih dari tambang terbuka di kompleks tambang tembaga dan emas Grasberg milik Freeport di Papua. (Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Freeport Indonesia (PTFI) memastikan bencana alam tanah longsor di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah yang terjadi pada Minggu (14/7/2024) tidak berdampak pada kegiatan operasional.

VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati mengatakan hal tersebut terjadi karena lokasi bencana alam longsor tersebut berada di luar wilayah izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PTFI. Adapun, wilayah IUPK PTFI berada di Grasberg, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“PTFI menurunkan tim tanggap darurat untuk membantu kepolisian sektor dan pemerintah setempat dalam proses evakuasi. Selain itu kami juga memberikan bantuan peti jenazah kepada keluarga korban,” ujar Katri kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (18/7/2024).

Katri mengatakan, keluarga besar PTFI menyampaikan duka cita mendalam atas peristiwa tersebut.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sebanyak 7 warga dari Distrik Tembagapura menjadi korban akibat tanah longsor. Ketujuh korban berhasil dievakuasi dan telah dimakamkan oleh pihak keluarga. Lokasi terdampak tanah longsor ini berada di Uini, Kali Kabur, Distrik Tembagapura.