Logo Bloomberg Technoz

Ekspansi Luar Negeri, Ritel Modern RI Minta Fasilitasi di Asean

Pramesti Regita Cindy
18 July 2024 10:10

Ilustrasi belanja ritel. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi belanja ritel. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Corporate Communication General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart Rani Wijaya mendorong pemerintah agar memfasilitasi ekspansi bagi pelaku industri ritel modern ke luar negeri.

Terlebih, kata Rani, selama ini peritel hanya melakukan langkah-langkah untuk memperkuat bisnis mereka melalui jaringan business to business (B2B).

"Selain membuka jaringan, pemerintah juga diharapkan bisa mendukung pembukaan pasar dan melakukan negosiasi dalam hal kebijakan. Dengan demikian, peritel memiliki pemahaman lebih baik ketika ingin memasuki pasar luar negeri," ungkap Rani kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (18/7/2024).

Konsumen berbelanja di supermarket./Bloomberg-Natalie Naccache

Lebih lanjut, dalam mendukung ekspansi hingga luar negeri, Rani menekankan kepada pemerintah untuk melakukan sinergitas berupa persetujuan antara negara-negara Asean khususnya di bidang jasa.

"[Pemerintah bisa membantu] dengan [melakukan] koordinasi menggunakan Asean Framework Agreement on Services [AFAS] atau kerangka dalam rangka liberalisasi perdagangan bidang jasa di kawasan Asean," ujarnya.