Logo Bloomberg Technoz

Alfamart (AMRT) Incar Peluang Tambah Gerai di Luar Negeri

Pramesti Regita Cindy
18 July 2024 09:30

Gerai Alfamart./dok. Alfamart
Gerai Alfamart./dok. Alfamart

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) atau Alfamart menyatakan akan terus memantau peluang serta segmen pasar untuk memperluas ekspansi bisnisnya baik di dalam maupun di luar negeri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Alfamart belum lama ini juga melakukan ekspansi gerai yang ke-2.000 di Filipina sejak pertama kali dilakukan pada 2014, lewat kerja sama dengan SM Group (holding) Filipina.

"Selama segmen pasar menjanjikan, kemudian ada peluang Alfamart untuk membuka toko dan cabang di luar negeri, kami pasti akan ekspansi," jelas Corporate Communication General Manager Alfamart Rani Wijaya kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (18/7/2024).

Untuk diketahui, Alfamart memang berencana menambah 1.000 gerai baru sepanjang 2024, bahkan diketahui pula korporasi telah menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp4,5 triliun untuk rencana ekspansi gerai tersebut. 

Ilustrasi Gerai Alfamart (Dimas Ardian/Bloomberg)

Rencana tersebut didasari pada kinerja perseroan sepanjang 2023 yang mengelola total 22.670 unit gerai ritel modern, naik 9% atau sebanyak 1.872 gerai dari tahun sebelumnya.