Logo Bloomberg Technoz

Bank OCBC Jual Tanah Terkait Kasus Cuci Uang Singapura Rp241 M

News
18 July 2024 09:20

Ilustrasi Bank OCBC. (Ore Huiying/Bloomberg)
Ilustrasi Bank OCBC. (Ore Huiying/Bloomberg)

Sing Yee Ong - Bloomberg News

Bloomberg,  Oversea-Chinese Banking Corp (OCBC) telah menerima tawaran lebih dari S$20 juta (sekitar Rp241 miliar) untuk sebidang tanah di Sentosa Cove yang disita dari terpidana kasus pencucian uang terbesar di Singapura, demikian dilaporkan Straits Times tanpa menyebutkan sumber informasinya.

Bank terbesar kedua di Asia Tenggara ini memiliki piutang lebih dari S$20 juta dalam bentuk pinjaman perumahan dan kartu kredit dari Su Baolin, pemegang paspor Kamboja, menurut surat kabar lokal tersebut. Su termasuk di antara 10 orang kelahiran luar negeri yang ditangkap di negara tersebut atas pelanggaran termasuk pencucian uang dan pemalsuan.

Harga jual tanah tersebut sekitar 24,5% lebih rendah dari perkiraan awal sebesar S$26,5 juta yang ditawarkan pada Mei. Hal ini menunjukkan penurunan di pasar properti mewah Singapura karena tingginya suku bunga dan kebijakan pemerintah untuk mendinginkan pasar. Upaya OCBC sebelumnya untuk melelang bungalow tersebut pada Mei tidak mendapat tawaran.

Pemberi pinjaman tersebut menerima tawaran untuk 69 Ocean Drive melalui perjanjian pribadi dan semua pinjaman yang tertunggak akan dilunasi setelah penjualan selesai, kata juru bicara OCBC kepada Straits Times. OCBC menolak berkomentar tentang tawaran tersebut dan identitas pembelinya.