Logo Bloomberg Technoz

Cuaca Panas Picu Kebakaran Hutan di Kanada, Ancam Produksi Minyak

News
18 July 2024 07:30

Ilustrasi kebakaran hutan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kebakaran hutan. (Dok: Bloomberg)

Robert Tuttle - Bloomberg News

Bloomberg, Cuaca panas dan kering memicu puluhan kebakaran hutan baru di seluruh Alberta, dengan kobaran api yang mengancam lebih dari 400.000 barel per hari dari produksi minyak mentah Kanada.

Dalam 24 jam terakhir, 47 kebakaran baru muncul di provinsi tersebut, sebagian besar terjadi di wilayah Lac La Biche, yang berada di selatan Fort McMurray, kata Kai Bowering, juru bicara Alberta Wildfire. Kondisi kering diperkirakan akan bertahan selama 24 jam ke depan, sehingga memudahkan api untuk menyebar, kata Bowering.

Kebakaran hutan di Alberta tahun ini telah mengurangi produksi dari pasir minyak - cadangan minyak mentah terbesar ketiga di dunia - dan memaksa evakuasi sebagian Fort McMurray pada bulan Mei. Gelombang panas baru telah memicu aktivitas kebakaran dalam beberapa pekan terakhir, dengan lebih dari 50 kebakaran liar yang tidak terkendali di Alberta saat ini dan lebih dari 10% produksi minyak di provinsi tersebut terancam.

Satu kebakaran seluas 3 hektar berada sekitar 10 kilometer dari lokasi Christina Lake milik MEG Energy Corp, yang menghasilkan hampir 100.000 barel per hari pada bulan Mei, menurut data Alberta Energy Regulator. Kebakaran lain berada dalam jarak 10 kilometer dari bagian operasi Cold Lake milik Imperial Oil Ltd yang menghasilkan 19.000 barel per hari, dan yang ketiga dekat dengan pasir minyak Kirby milik Canadian Natural Resources Ltd. Operasi Canadian Natural stabil, dan Imperial Oil tidak mengalami dampak dari kebakaran, kata perusahaan tersebut melalui email. MEG tidak menanggapi email yang meminta komentar.