Logo Bloomberg Technoz

Empat Poin Penting Negosiasi Gencatan Senjata Israel-Hamas

News
17 July 2024 17:50

Serangan Hamas ke Israel (Sumber: Bloomberg)
Serangan Hamas ke Israel (Sumber: Bloomberg)

Dan Williams - Bloomberg News

Bloomberg, Perundingan yang bertujuan untuk mengakhiri perang sembilan bulan Israel dengan Hamas di Gaza menghadapi empat poin penting, termasuk sandera mana yang harus dibebaskan, menurut orang-orang yang mengetahui tentang perundingan tersebut.

Isu-isu lain termasuk apakah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tetap berpegang pada tuntutannya agar Hamas dilarang keluar dari Gaza utara, menurut orang-orang tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara di depan umum.

Selain itu, Netanyahu ingin agar pasukannya tetap memegang kendali atas koridor perbatasan selatan yang penting dan tidak terikat pada gencatan senjata yang tidak terbatas.

Israel menyatakan perang terhadap Hamas pada 7 Oktober, ketika diserang oleh ribuan militan yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang. Kelompok ini mengembalikan 110 tawanan dan Israel membebaskan sekitar tiga kali lebih banyak tahanan Palestina selama gencatan senjata selama tujuh hari yang berakhir pada 1 Desember.