Logo Bloomberg Technoz

Serangan-serangan ISIS di Timur Tengah sebagian besar masih terfokus di Suriah, melawan pasukan pemerintah dan sekutunya. Insiden di Muscat terjadi pada saat yang tidak menentu di wilayah tersebut, saat perang di Gaza memasuki bulan ke-10 dan meningkatnya kekhawatiran bahwa perang antara Israel dan Hizbullah Lebanon, yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat, dapat berkobar sewaktu-waktu.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan di situs media sosial X bahwa empat warga negaranya terbunuh dalam "serangan teroris pengecut terhadap masjid Ali bin Abi Thalib." Dikatakan bahwa 30 warga Pakistan lainnya sedang menjalani perawatan.

Penembakan itu terjadi pada malam Ashoura, hari peringatan bagi Muslim Syiah, yang biasanya merupakan minoritas di sebagian besar negara Arab Teluk.

Menteri Luar Negeri Oman, Badr Albusaidi, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban yang terbunuh dalam "serangan brutal tersebut."

Beberapa negara Teluk menyaksikan serangan-serangan terhadap masjid-masjid Syiah setelah kebangkitan ISIS, yang menguasai sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah pada 2014. Sebuah koalisi yang dipimpin AS telah secara ekstensif mengurangi ukuran kelompok tersebut, yang mengklaim serangan mematikan di Moskow awal tahun ini.

(bbn)

No more pages