Logo Bloomberg Technoz

Anant Ambani yang Sulit Turunkan Berat Badan akibat Steroid

Dinda Decembria
17 July 2024 16:40

Ilustrasi Anant Ambani dan Radhika Merchant (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Ilustrasi Anant Ambani dan Radhika Merchant (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anant Ambani memiliki persoalan susah menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan pengobatan asma dan beberapa penyakit lain yang diidapnya.

Kepada Times of India pada 2017, Nita Ambani yang merupakan ibu dari Anant pernah menjelaskan terkait penyakit sang anak. “(Anant) menderita asma parah sehingga kami harus memberinya banyak steroid," dan menambahkan bahwa "dia menderita obesitas."

Pada kasus memburuknya gejala asma yang serius (serangan asma), dokter mungkin meresepkan rangkaian singkat steroid oral. Steroid ini diresepkan ketika gejala asma Anda memburuk namun tidak memerlukan rawat inap. Steroid ini membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di saluran udara.

Anant diketahui sempat memiliki berat 208 kilogram dan berhasil menurunkan berat badan hingga 108 kilogram dalam 18 bulan. 

Apa itu steroid

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam, dr Aru Ariadno, Sp, PD KGEH, steroid adalah obat-obatan yang salah satunya bersifat anti radang dan antiinflamasi. Sehingga dengan diberikan steroid maka peradangan di saluran bronkus akan teratasi terutama dengan steroid yang diberikan topikal atai inhalasi.