Logo Bloomberg Technoz

Thailand Akan Putuskan Nasib Partai Oposisi Terbesar Bulan Depan

News
17 July 2024 16:00

Para pendukung Partai Move Forward dalam sebuah rapat umum di Bangkok pada tahun 2023. (Dok: Valeria Mongelli/Bloomberg)
Para pendukung Partai Move Forward dalam sebuah rapat umum di Bangkok pada tahun 2023. (Dok: Valeria Mongelli/Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Hakim konstitusi tertinggi Thailand akan memutuskan bulan depan apakah akan membubarkan partai oposisi terbesar di negara itu. Partai dituduh melanggar peraturan pemilihan umum karena kampanye untuk mengamendemen undang-undang pencemaran nama baik kerajaan yang ketat.

Mahkamah Konstitusi yang beranggotakan sembilan hakim akan bersidang pada pukul 9.30 pagi pada 7 Agustus untuk membahas keputusannya mengenai Partai Maju dan akan membacakan putusan pada pukul 15.00 di Bangkok, demikian dikatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu (17/7/2024).

Keputusan ini akan keluar lebih dari setahun setelah partai yang menempati posisi pertama dalam pemilihan umum ini dihalangi untuk membentuk pemerintahan oleh anggota parlemen konservatif yang jengkel dengan janjinya untuk melonggarkan hukum yang melindungi kerajaan dari pencemaran nama baik.

Pengadilan tinggi juga dapat melarang kepemimpinan Partai Move Forward dari dunia politik selama 10 tahun, termasuk Pita Limjaroenrat, politikus progresif dan mantan pemimpin partai tersebut yang pada awalnya mencalonkan diri sebagai perdana menteri.