Logo Bloomberg Technoz

Bunga Acuan Diputuskan Tetap, Simak Arah Kebijakan BI

Dovana Hasiana
17 July 2024 14:39

Bank Indonesia Mengumumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan Juni 2024.(Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Bank Indonesia Mengumumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan Juni 2024.(Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengumumkan suku bunga acuan tetap bertahan di 6,5%. Bagaimana posisi (stance) kebijakan moneter MH Thamrin?

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 16-17 Juli 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 6,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 7%," kata Gubernur Perry Warjiyo dalam jumpa pers usai RDG, Rabu (17/7/2024).

Keputusan ini searah dengan ekspektasi pasar. Konsensus pasar yang dihimpun oleh Bloomberg memperkirakan BI Rate masih akan dipertahankan di level saat ini yakni 6,25%.

Mengenai stance kebijakan moneter Perry menegaskan masih mengedepankan stabilitas. "Fokus kebijakan moneter diarahkan untuk memperkuat efektivitas kebijakan, stabilitas nilai tukar rupiah, dan menarik aliran portofolio asing," katanya.

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, tambah Perry, BI akan menggunakan instrumen kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran. Kebijakan makroprudensial tetap ditempuh. Sementara kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan akseptasi digitalisasi sistem pembayaran.