Logo Bloomberg Technoz

BI: Pertumbuhan Kredit Bank Kuartal II-2024 Capai 12,36%

Dovana Hasiana
17 July 2024 14:35

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertumbuhan kredit perbankan tahun ini diprediksi akan mencapai batas atas proyeksi Bank Indonesia. 

Di tengah kebijakan moneter yang masih ketat, terlihat laju kredit perbankan masih mampu membukukan pertumbuhan double digit pada kuartal II-2024.

"Pertumbuhan kredit tercatat sebesar 12,36% year-on-year pada kuartal II-2024 didorong oleh sisi penawaran dan permintaan. Dari sisi penawaran, minat penyaluran kredit terjaga didorong pertumbuhan dana pihak ketiga di bank juga dukungan insentif likuiditas makroprudensial yang diberikan BI pada bank-bank yang menyalurkan kredit ke sektor prioritas," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur di Jakarta hari ini.

Perry menambahkan, permintaan pertumbuhan kredit dipengaruhi oleh korporasi sejalan dengan kinerja penjualan yang tetap baik serta kemampuan pembayaran yang tetap kuat. Pertumbuhan kredit tinggi tercatat di sebagian besar sektor ekonomi seperti perdagangan, konstruksi dan lain-lain

Sementara permintaan kredit rumah tangga terjaga stabil terutama dari kelas menengah seiring ekspektasi penghasilan yang terjaga.