Logo Bloomberg Technoz

7 Cara Cek ID PLN dengan Nama Via Online & Manual

Redaksi
17 July 2024 15:30

Dok; PLN
Dok; PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta - Saat membeli token listrik prabayar atau membayar tagihan listrik prabayar, Anda tentu membutuhkan nomor ID PLN. Namun, bagaimana jika lupa dengan nomor ID PLN-nya? Anda tidak perlu khawatir karena ada 7 cara untuk mengecek ID PLN dengan mudah, baik secara online maupun manual.

Cara Cek ID PLN dengan Nama

1. Pakai Aplikasi PLN Mobile

Cara pertama adalah memakai aplikasi PLN Mobile. Namun, ini hanya dapat dilakukan jika Anda sudah mendaftarkan diri ke aplikasi dan telah menambahkan ID pelanggan sebelumnya. Ketika lupa nomor ID, cukup masuk ke aplikasi dan lihat daftar ID pelanggan yang tersimpan. Klik nama pelanggan yang ingin diketahui nomor ID PLN-nya, dan di situ akan tertera nomor ID PLN.

2. Cek Pembayaran e-Commerce

Jika Anda sering membayar tagihan listrik lewat e-commerce, Anda bisa mengeceknya lewat riwayat pembayaran. Apabila e-commerce ini juga digunakan untuk membayar beberapa ID PLN, cari nama Anda dalam struk pembayaran online. Di situ tertera ID PLN lengkap dengan nama Anda.

3. Hubungi Layanan Pelanggan PLN

Anda juga bisa menghubungi layanan pelanggan PLN melalui call center atau media sosial resminya. Sampaikan bahwa Anda lupa nomor ID PLN, dan Anda akan dimintai identitas seperti nama dan alamat. Setelah diverifikasi, petugas akan memberi tahu nomor ID PLN Anda. Beberapa kanal yang bisa dicoba adalah:

  • Call center PLN di nomor 123

  • Instagram di @pln_id

  • X (Twitter) di @pln_123

  • Facebook di PLN 123

4. Datang ke Kantor PLN

Cara lainnya adalah dengan mendatangi kantor PLN terdekat. Sampaikan bahwa Anda lupa nomor ID PLN, dan Anda akan ditanyai identitas seperti nama dan alamat. Setelah diverifikasi, petugas akan memberi tahu nomor ID PLN Anda.

Aplikasi PLN Mobile. (Dok. PLN)

Cara Lain Cek ID PLN

1. Cek Struk Pembayaran