Logo Bloomberg Technoz

BI Sebut Rupiah Menguat Bulan Ini, ke Depan Bisa Lebih Kuat Lagi

Dovana Hasiana
17 July 2024 14:27

Kurs rupiah terhadap dolar AS. (Dok: Bloomberg)
Kurs rupiah terhadap dolar AS. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebut nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat bulan ini. Ke depan, bank sentral memperkirakan mata uang Tanah Air akan stabil dan cenderung menguat.

"Nilai tukar rupiah pada Juli 2024 hingga 16 Juli menguat 1,21% dibandingkan posisi akhir Juni 2024. Penguatan nilai tukar rupiah didukung oleh komitmen BI dalam menjaga stabilitas dan didukung juga dengan fundamental ekonomi Indonesia yang kuat," tegas Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Juli di kantornya, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Sepanjang tahun ini (year-to-date), lanjut Perry, rupiah memang masih melemah 4,84%. Namun, depresiasi rupiah masih lebih baik ketimbang mata uang negara-negara tetangga seperti peso Filipina (5,44%) atau won Korea Selatan (7,03%).

"Ke depan, nilai tukar rupiah akan bergerak stabil dalam kecenderungan menguat karena menariknya imbal hasil, inflasi rendah, dan tetap baiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta komitmen BI untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Semuanya mendorong berlanjutnya aliran masuk modal asing," terang Perry.