Logo Bloomberg Technoz

Longsor Mimika: Akses Jalan dari Freeport Sempat Terdampak

Dovana Hasiana
17 July 2024 14:10

Lokasi tambang PT Freeport Indonesia di Grasberg Papua (Dadang Tri/Bloomberg)
Lokasi tambang PT Freeport Indonesia di Grasberg Papua (Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hujan lebat yang berlangsung tiga hari berturut-turut menyebabkan tanah longsor di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, pada Minggu (14/7/2024).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan sebanyak 7 warga dari Distrik Tembagapura menjadi korban akibat tanah longsor. Ketujuh korban berhasil dievakuasi dan telah dimakamkan oleh pihak keluarga. Lokasi terdampak tanah longsor ini berada di Uini, Kali Kabur, Distrik Tembagapura.

“Sejauh ini tidak ada laporan adanya pengungsian pascalongsor yang terjadi pada dini hari, pukul 03.00 waktu setempat atau WIT,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran pers, Rabu (17/7/2024).

Selain korban jiwa, dampak material menyasar pada tertutupnya akses jalan akibat material longsor. Adapun, jalan penghubung PT Freeport Indonesia (PTFI) menuju kampung yang sempat tertimbun material longsor sepanjang 10 meter.

Pihak BPBD Mimika melaporkan adanya 17 titik longsoran di wilayah Tembagapura. Data per hari ini, Rabu (17/7/2024), akses jalan dari PTFI ke Kampung Banti Satu sudah dapat dilalui kendaraan.