Logo Bloomberg Technoz

"Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mendalam untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi ini secara bertanggung jawab. Penyemaian awan harus dilakukan dengan hati-hati, hanya saat benar-benar diperlukan, dan dengan mempertimbangkan analisis lingkungan serta cost-benefit yang matang," tambahnya.

"Upaya berkelanjutan seperti perlindungan lingkungan dan adaptasi terhadap perubahan iklim juga perlu ditingkatkan sebagai alternatif yang lebih berkesinambungan dalam menghadapi tantangan banjir dan kekeringan," pungkasnya.

Sebelumnya, berdasarkan data laporan BMKG dan pekerja di pembangunan Bandara Nusantara secara langsung, hanya 8 hari dari total 30 hari yang memiliki cuaca cerah di kawasan IKN. Dengan demikian, operasi TMC sangat mendesak untuk dilakukan demi melancarkan target pembangunan fasilitas bandara di IKN.

Plt Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menugaskan forecaster BMKG untuk terjun secara langsung ke lapangan dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait pembangunan fasilitas IKN agar dapat mengoptimalkan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) serta durasi aktif kerja pembangunan fasilitas IKN.

“Harapannya, seluruh infrastruktur tersebut bisa segera selesai dan dapat digunakan secara fungsional sebelum pelaksanaan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang,” ujarnya.

(dec/spt)

No more pages