Logo Bloomberg Technoz

OJK Naikkan Limit Pinjol Jadi Rp10 Miliar, Begini Syaratnya

Sultan Ibnu Affan
17 July 2024 11:30

Ilustrasi Pinjol (Envato/prathanchorruangsak)
Ilustrasi Pinjol (Envato/prathanchorruangsak)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini tengah merevisi aturan terbaru terkait jumlah batasan pinjaman fintech peer to peer (P2P) lending atau pinjaman online (pinjol), yang tertuang dalam aturan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (RPOJK LPBBTI).

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Agusman mengatakan regulasi itu nantinya akan memasukkan batas pinjaman hingga Rp10 miliar dari sebelumnya yang hanya mencapai Rp2 miliar.

Namun, dia menggarisbawahi jika pinjaman tersebut dikhususkan untuk pinjaman pendanaan produktif, bukan konsumtif. Beleid itu kini juga sedang dalam penyelarasan.

"Dalam RPOJK LPBBTI tersebut direncanakan akan terdapat penyesuaian batas maksimum pendanaan produktif dari sebelumnya sebesar Rp2 miliar menjadi sebesar Rp10 miliar," ujar Agusman dalam keterangannya, dikutip Rabu (17/7/2024).

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Agusman saat RDK Bulanan November 2023. (Youtube OJK)

Pendanaan produktif adalah pendanaan untuk usaha yang menghasilkan barang/ jasa, termasuk usaha yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan bagi penerima dana, berdasarkan waktu yang dijanjikan.