Logo Bloomberg Technoz

Luncurkan Dira, GOTO Perkuat Teknologi AI


GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), memperkenalkan Dira, asisten suara dalam Bahasa Indonesia berbasis artificial intelligence (AI) yang saat ini dapat digunakan di aplikasi GoPay. Aplikasi ini telah bisa digunakan oleh sebagian pengguna dan akan terus diperluas ke seluruh pengguna sebelum nantinya tersedia di aplikasi Gojek. 

Peluncuran ini merupakan bagian dari GoTo AI, program jangka panjang pengembangan dan pemanfaatan kecerdasan buatan di ekosistem GoTo.

Hans Patuwo, GoTo Chief Operating Officer mengatakan, “Lahirnya solusi dari produk dan layanan GoTo  berasal dari pemahaman kami yang sangat mendalam tentang Indonesia, dan ini juga tercermin pada GoTo AI. Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang.”

Dira, singkatan dari Dikte Suara, didesain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, membantu mereka dalam menggunakan fitur aplikasi GoPay dengan lebih mudah dan melakukan berbagai transaksi lebih cepat menggunakan asisten suara dalam Bahasa Indonesia. 

Hans menambahkan, “Aplikasi GoPay kami rancang dengan mengutamakan faktor kemudahan dan akses yang bisa menjangkau semua, sesuai dengan misi kami menyediakan layanan keuangan yang simpel dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk ke lebih dari 97 juta orang dewasa yang belum mendapatkan layanan perbankan (unbanked).  Dengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis artificial intelligence yang hadir pertama kali di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang simpel dan dapat menjangkau semua.”