Logo Bloomberg Technoz

Buruh Mau Demo ke Istana, Cek Lokasi dan Pengalihan Transportasi

Redaksi
17 July 2024 10:35

Sejumlah massa buruh melakukan demo menolak program Tapera di kawasan Patung Kuda, Jakarta, kamis (6/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Sejumlah massa buruh melakukan demo menolak program Tapera di kawasan Patung Kuda, Jakarta, kamis (6/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ribuan buruh rencananya akan kembali menggelar protes dan demo ke Istana Negara dan sejumlah titik di Indonesia. Ribuan buruh kabarnya akan menyampaikan aspirasi menolak penerapan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Di Jakarta, para buruh kabarnya akan mulai berkumpul di Bundaran Patung Kuda Indosat atau Arjuna Wiwaha pada pukul 09.30 WIB. Secara bertahap, mereka akan mulai berjalan dan berorasi ke Gedung Mahkamah Konstitusi di Jalan Merdeka Barat dan Istana Negara di Jalan Merdeka Utara.

Di wilayah lain, para buruh akan menyasar gedung dan kantor gubernur, bupati dan wali kota. Beberapa wilayah tersebut antara lain Semarang, Surabaya, Batam, Medan, Pekanbaru, Banda Aceh, Gorontalo, Banjarmasin, dan Makassar.

Para pengguna jalan raya di sekitar wilayah tersebut harap mempertimbangkan rute kegiatannya agar tak terjebak kemacetan panjang.

Selain itu, beberapa transportasi umum juga telah mengumumkan pengalihan arus atau rute. Salah satunya adalah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang melakukan penyesuaian layanan pada bus di koridor 1 (Blok M - Kota), rute 2A (Pulo Gadung - Rawa Buaya), dan layanan Non BRT rute 1A (Pantai Maju - Balaikota).