Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Stabil Dibayangi Penurunan Stok AS

News
17 July 2024 08:10

Ladang Minyak.
Ladang Minyak.

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak mentah stabil setelah turun selama tiga hari berturut-turut. Perkiraan dari industri menunjukkan penurunan dalam persediaan minyak mentah AS, yang melawan kekhawatiran tentang prospek permintaan yang lesu di China.

West Texas Intermediate (WTI) bertahan sedikit di bawah US$81 per barel setelah Brent ditutup mendekati US$84. Menurut sumber yang mengetahui angkanya, American Petroleum Institute melaporkan bahwa persediaan minyak mentah AS menyusut 4,4 juta barel minggu lalu. Data inventaris resmi akan dirilis pada hari Rabu (17/07/2024) dan jika dikonfirmasi, ini akan menjadi penurunan ketiga berturut-turut, penurunan terpanjang sejak September lalu.

Harga minyak mentah tetap lebih tinggi untuk tahun ini setelah OPEC+ membatasi pasokan, meskipun harga telah turun dari puncak awal bulan ini karena tanda-tanda permintaan yang buruk dari importir utama, China. Negara ini mencatat pertumbuhan paling lambat dalam lima kuartal dalam tiga bulan hingga Juni.

Badan Energi Internasional (IEA) telah mengaitkan lemahnya pertumbuhan permintaan minyak dengan perlambatan ekonomi di negara Asia tersebut.