Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed: Suku Bunga Turun Akhir Tahun Jika Inflasi Mereda

News
17 July 2024 06:40

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Craig Torres dan Jarrell Dillard - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota Dewan Gubernur bank Federal Reserve (The Fed) Adriana Kugler mengatakan bahwa akan tepat untuk menurunkan biaya pinjaman "akhir tahun ini" jika inflasi terus moderat, seiring dengan pasar tenaga kerja yang mendingin namun tetap tangguh.

Kugler menekankan perlunya bergantung pada data, terutama mengingat risiko terhadap inflasi dan lapangan kerja telah menjadi jauh lebih seimbang. Komentarnya tentang prospek suku bunga serupa dengan komentar yang dibuat pada bulan Juni.

"Jika kondisi ekonomi terus berkembang dengan cara yang menguntungkan ini dengan disinflasi yang lebih cepat, seperti yang dibuktikan dalam data inflasi selama tiga bulan terakhir, dan lapangan kerja melemah tetapi tetap tangguh seperti yang terlihat dalam beberapa laporan ketenagakerjaan terakhir, saya memperkirakan bahwa akan tepat untuk mulai melonggarkan kebijakan moneter akhir tahun ini," kata Kugler pada Selasa (16/07/2024) dalam sambutan yang disiapkan untuk acara yang diselenggarakan oleh National Association for Business Economics di Washington.

Dia mengatakan peningkatan angka pengangguran "yang disebabkan oleh PHK" akan mendorongnya untuk memilih pemotongan suku bunga "lebih cepat daripada menundanya." Namun, jika laporan berikutnya tidak mengkonfirmasi pelonggaran tekanan inflasi yang berkelanjutan, dia mengatakan "mungkin tepat untuk mempertahankan suku bunga sedikit lebih lama."