Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Ritel AS Naik Paling Besar dalam Tiga Bulan

News
16 July 2024 20:11

Konsumen belanja di ritel AS. (Dok: Bloomberg)
Konsumen belanja di ritel AS. (Dok: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan ritel Amerika Serikat (AS), tidak termasuk dampak serangan siber terhadap dealer mobil, naik pada Juni dengan kenaikan terbesar dalam tiga bulan. Ini menunjukkan belanja konsumen yang tangguh di akhir kuartal kedua. 

Pembelian ritel tidak termasuk kendaraan bermotor, yang tidak disesuaikan dengan inflasi, naik 0,4% pada bulan lalu, menyusul kenaikan 0,1% yang direvisi ke atas pada Mei. Total penjualan ritel tidak berubah, tertahan oleh penurunan 2% dalam penerimaan di dealer mobil.

Data tersebut melawan tren dalam beberapa bulan terakhir yang menunjukkan perlambatan bertahap dalam pertumbuhan konsumsi karena orang AS merasakan tekanan dari suku bunga yang tinggi dan pasar tenaga kerja yang menurun. Hal ini menunjukkan bahwa pendorong utama ekonomi masih bertahan seiring dengan penurunan inflasi dan Federal Reserve yang mendekati permulaan penurunan suku bunga.

Dari 13 kategori yang dipantau oleh Departemen Perdagangan, tiga kategori mengalami penurunan. Hal tersebut termasuk penjualan bensin, yang mencerminkan penurunan harga pada bulan tersebut.

Metrik Aktual Estimasi
Penjualan eceran (MoM) 0,0% -0,3%
Penjualan kendaraan bermotor (MoM) +0,4% +0,1%
Penjualan kendaraan bermotor, gas (MoM) +0,8% +0,2%
Penjualan kelompok kontrol (MoM)  +0,9% +0,2