Logo Bloomberg Technoz

Ada Siasat Saat Google Kuncurkan Dana Rp8,29 T ke Uni Eropa

News
16 July 2024 21:00

Mesin pencari Google ( David Gray/Bloomberg)
Mesin pencari Google ( David Gray/Bloomberg)

Samuel Stolton—Bloomberg News

Bloomberg, Google menawarkan kepada sekelompok perusahaan cloud yang berbasis di Uni Eropa paket enilai €470 juta atau US$512 juta (sekitar Rp8,29 triliun) dalam sebuah upaya menggagalkan penyelesaian antimonopoli dengan Microsoft Corp, yang membebaskan raksasa software Amerika Serikat (AS) tersebut dari sebuah kasus yang berpotensi merugikan Uni Eropa. Sayagnya usaha ini gagal. 

Penyedia layanan infrastruktur cloud di Eropa atau Cloud Infrastructure Services Providers in Europe (CISPE), minggu lalu melewatkan keluhan di badan antimonopoli Uni Eropa atas proses lisensi perangkat software Microsoft, setelah menengahi kesepakatan untuk mendapatkan akses yang lebih adil ke teknologi perusahaan AS.

CISPE sebelumnya berpendapat bahwa Microsoft mempersulit pelanggan untuk berganti penyedia layanan cloud dengan mengaitkan perangkat software bisnisnya ke layanan cloud Azure. 

Namun hanya beberapa hari sebelum perjanjian tersebut diumumkan, unit Alphabet Inc Google membuat tawaran balasan yang dirancang untuk meyakinkan CISPE agar tetap mempertahankan keluhan Uni Eropa mereka, menurut dokumen rahasia yang dilihat oleh Bloomberg.