Logo Bloomberg Technoz

Rusia & China Gelar Latihan Militer Gabungan di Pasifik

Redaksi
16 July 2024 20:00

Kapal Angkatan Laut Rusia mengikuti Multilateral Naval Exercise Komodo di Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Kedubes Rusia)
Kapal Angkatan Laut Rusia mengikuti Multilateral Naval Exercise Komodo di Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Kedubes Rusia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemhan) China mengatakan bahwa pasukan angkatan laut Rusia dan China memulai latihan bersama di Pasifik.

Melansir TASS, Selasa (16/7/2024), patroli maritim bersama China dan Rusia di Samudra Pasifik tidak ditujukan kepada pihak ketiga mana pun. Demikian ungkap Kemhan China dalam sebuah pernyataan.

"Sesuai dengan rencana tahunan dan kesepakatan antara China dan Rusia, angkatan laut China dan Rusia mulai melakukan patroli maritim keempat di perairan masing-masing di bagian barat dan utara Samudra Pasifik beberapa waktu yang lalu," demikian bunyi pernyataan tersebut.

"Tindakan itu tidak ditujukan untuk pihak ketiga mana pun dan tidak ada hubungannya dengan situasi internasional dan regional saat ini," tambah kementerian itu.

Layanan pers Armada Pasifik Rusia mengatakan sebelumnya bahwa dua kapal korvet Armada Pasifik, Gromky dan Rezky, telah berlabuh di pelabuhan China, Zhanjiang, untuk ikut serta dalam latihan angkatan laut bersama yang disebut Interaksi Maritim-2024.