Logo Bloomberg Technoz

"Optimisme tentang penurunan suku bunga AS karena lebih banyak data ekonomi yang mendukung kasus pivot the Fed mendukung emas," kata Ewa Manthey, ahli strategi komoditas di ING Bank NV. "Emas siap untuk menjaga momentum positifnya di tengah lanskap geopolitik dan makroekonomi global saat ini, sementara permintaan bank sentral diperkirakan akan tumbuh."

Pada Senin, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan data baru-baru ini telah memberi para pembuat kebijakan kepercayaan diri yang lebih besar bahwa inflasi menuju ke target 2% bank sentral.

Para pedagang telah menambah taruhan bahwa akan ada tiga kali pemangkasan tahun ini setelah Goldman Sachs Group Inc mengatakan, kondisi sudah siap untuk pelonggaran, dengan "alasan yang kuat" bagi para pejabat untuk menurunkan suku bunga paling cepat pada Juli.

Sementara itu, pencalonan Trump mendapatkan momentum setelah percobaan pembunuhan yang gagal pada akhir pekan lalu dan hakim menolak sebuah kasus kriminal yang menimpanya.

Dow Jones Industrial Average mencapai level tertinggi sepanjang masa pada Senin, sementara saham Trump Media & Technology Group Corp dan platform berbagi video konservatif Rumble Inc melonjak.

Kepresidenan Trump dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap emas, kata Giovanni Staunovo, seorang analis komoditas di UBS Group AG. Hal ini dapat menyebabkan "pemotongan pajak, mendukung pergeseran ke ekuitas, dan pada akhirnya membatasi penurunan suku bunga yang lebih cepat," katanya.

Di sisi lain, pemotongan pajak akan memperburuk keseimbangan fiskal AS, berpotensi melemahkan status dolar dan mendorong pembeli ke aset-aset safe haven, seperti emas. Emas spot naik menjadi US$2.442,57 per ons pada pukul 10.48 WIB.

Indeks Spot Dolar Bloomberg naik tipis, sementara imbal hasil Treasury AS bertenor 10 tahun merosot. Perak stabil, sementara platinum dan paladium turun.

(bbn)

No more pages