Logo Bloomberg Technoz

Meskipun Google masih tertinggal dari Microsoft dan Amazon di pasar komputasi awan, perusahaan ini melaporkan bahwa unit cloud-nya telah menghasilkan keuntungan selama beberapa kuartal berturut-turut, setelah bertahun-tahun unit ini merugi.

Peluang di bidang ini berkembang karena semakin banyak perusahaan rintisan yang memindahkan aplikasi dan data mereka ke cloud, terutama untuk tujuan AI generatif.

Dengan pembicaraan akuisisi Wiz dan sebelumnya telah menggelontorkan US$5,4 miliar (sekitar Rp87,48 triliun) untuk menguasai Mediant, perusahaan telah menghadapi beberapa tantangan antimonopoli.

Diketahui Departemen Kehakiman AS menuduh Google menyalahgunakan posisinya yang dominan dalam pencarian online. Terdapat pula gugatan lain terkait alat periklanan digitalnya.

Rencana akuisisi Wiz terjadi usai induk Google memutuskan tidak melanjutkan rencana akuisisi perusahaan manajemen hubungan pelanggan HubSpot Inc. Negosiasi Google–Wiz masih berpeluang berakhir dengan tanpa kesepakatan.

Perwakilan Alphabet dan Wiz tidak memberi respons permintaan komentar. Rencana akuisisi besar sebelumnya dipegang oleh kesepakatan Motorola Mobility Holdings LLC yang diselesaikan tahun 2012.

(ros/wep)

No more pages