Logo Bloomberg Technoz

Harga Tembaga Melonjak Picu Pergeseran Besar ke Aluminium

News
16 July 2024 17:00

Kawat tembaga./Bloomberg- Dhiraj Singh
Kawat tembaga./Bloomberg- Dhiraj Singh

Bloomberg News

Bloomberg, Selama berbulan-bulan, ketika tembaga melonjak ke level rekor dan kemudian turun kembali, satu pertanyaan kunci muncul di seluruh industri logam: Apa yang sedang dilakukan oleh operator jaringan listrik negara China?

Pembeli tembaga terbesar di dunia, State Grid Corp dari China, telah memperlambat pembelian kawat tembaga tahun ini. Sementara pada saat yang sama meningkatkan pembelian kawat aluminium, pengganti yang lebih murah.

Meskipun dapat dikatakan sebagai respons alami terhadap melonjaknya harga tembaga, perubahan ini telah memicu perdebatan tentang apakah ada sesuatu yang lebih besar yang sedang terjadi--jika salah satu pembeli terpenting dalam industri logam, tapi tidak jelas ini mungkin sedang mengalami pergeseran kebijakan yang dapat mengguncang pasar global.

Kemungkinan substitusi tembaga berskala besar di jaringan listrik China akan berdampak besar terhadap permintaan global, dan beberapa pedagang menggembar-gemborkan hal ini sebagai alasan untuk bertaruh melawan konsensus yang luas akan meningkatnya kekurangan pasokan dan naiknya harga tembaga di tahun-tahun mendatang. China adalah konsumen tembaga terbesar di dunia, lebih dari seperempat pasokan global digunakan untuk kabel listrik China.