Logo Bloomberg Technoz

IndONIA Dekati Rekor, Likuiditas Ketat Bayangi Putusan BI Rate

Ruisa Khoiriyah
17 July 2024 09:00

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur Juli pada siang hari ini setelah menggelar dua hari pertemuan.

Pertemuan itu berlangsung di tengah pergerakan tingkat bunga pasar uang domestik yang makin melejit naik, sempat menyentuh level di dekat rekor tertinggi yang terjadi pada awal Mei lalu. 

Tingkat bunga overnight yang disebut IndONIA, berdasarkan data realtime Bloomberg, melejit ke 6,27% pada Jumat pekan lalu, tertinggi sejak 8 Mei ketika bunga IndONIA menyentuh level tertinggi sejak benchmark ini diperkenalkan pada 2016. 

Pada Selasa kemarin, tingkat bunga IndONIA mulai sedikit turun walaupun masih bertengger sedikit di atas rata-rata pergerakan sebulan terakhir di 6,15%. IndONIA merupakan indeks suku bunga transaksi pinjam-meminjam dana rupiah tanpa agunan di antara perbankan untuk jangka waktu overnight di Indonesia.

Kenaikan bunga IndONIA yang menjadi benchmark rate pasar uang, itu menjadi sinyal kesekian keketatan likuiditas yang melanda pasar domestik saat ini.