Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bantah Luhut Soal Rencana Pembatasan BBM Subsidi

Dovana Hasiana
16 July 2024 12:36

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Tangkapan Layar Instagram @luhut.pandjaitan)
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. (Tangkapan Layar Instagram @luhut.pandjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pernyataan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal rencana pembatasan BBM Subsidi pada 17 Agustus mendatang kembali menuai bantahan. Kali ini keluar dari mulut bos Luhut, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Jokowi, pemerintah sama sekali belum memiliki rencana untuk memperketat atau membatasi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai Agustus 2024. Dia memastikan belum pernah ada rapat kabinet membahas tentang rencana tersebut.

“Tidak, tidak, tidak, belum ada, belum ada pemikiran ke sana belum. Belum rapat juga,” ujar Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan secara virtual, Selasa (16/7/2024). 

Sebelum Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga sudah menyanggah pernyataan yang diunggah Luhut melalui akun instagram pribadinya. Mereka adalah Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. 

Ketiganya mengatakan, pemerintah hanya tengah mengkaji tentang cara agar BBM bersubsidi bisa tepat sasaran. Salah satunya, Kementerian ESDM tengah mempertajam dan mendetilkan data penyaluran dan penerima BBM tersebut.