Logo Bloomberg Technoz

Pansel Minta Info Soal 525 Nama Capim & Dewas KPK

Muhammad Fikri
16 July 2024 11:45

Ilustrasi KPK. (Tangkapan layar via website KPK)
Ilustrasi KPK. (Tangkapan layar via website KPK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) resmi menutup masa pendaftaran calon pimpinan (Capim) dan calon dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (dewas KPK) pada pukul 23.59 WIB, Senin (15/7/2024). Berdasarkan data terakhir, Pansel mencatat ada 525 pendaftar yang lolos seleksi administrasi.

Dari daftar tersebut, pansel mencatat ada 318 nama yang mengajukan diri sebagai capim KPK; terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan. Sedangkan posisi Dewas KPK; terdiri dari 184 nama laki-laki dan 23 perempuan.

Wakil Ketua Pansel, Arif Satria mengatakan, proses seleksi dilanjutkan dengan tahap verifikasi seluruh dokumen yang diunggah atau dikirim para calon. Rencananya, Pansel akan mengumumkan jumlah dan nama calon yang lolos verifikasi tersebut pada 24 Juli mendatang.

"Akan mengumumkan hasilnya melalui laman kpk.go.id dan setneg.go.id," ujar Arif kepada wartawan, Selasa (16/7/2024).

Menurut dia, Pansel kemudian akan memberikan kesempatant terbuka bagi seluruh masyarakat mengirimkan informasi tentang para calon yang lolos verifikasi. Seluruh informasi tersebut akan menjadi bekal bagi pansel dalam proses penelusuran rekam jejak dan tahapan seleksi selanjutnya.