Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Bakal Suntik Dana Rp729 M/bulan untuk Kampanye Trump

News
16 July 2024 12:00

Elon Musk, CEO Tesla. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk, CEO Tesla. (Dok: Bloomberg)

Jennifer Jacobs dan Bill Allison - Bloomberg News

Bloomberg, Elon Musk berjanji untuk menyuntikkan dana US$45 juta (setara Rp729 miliar) per bulan ke kelompok politik pro-Donald Trump. Langkah ini akan membanjiri upaya pemilihan kembali calon dari Partai Republik tersebut dengan uang tunai hingga pemilu November.

Suntikan dana yang direncanakan oleh Musk dapat membantu meningkatkan keunggulan penggalangan dana Trump atas Presiden AS Joe Biden, yang telah menderita akibat pemberontakan para donor dalam beberapa minggu terakhir. Beberapa di antaranya menyerukan agar Biden mundur dan memberi kesempatan kepada calon baru. Musk memberikan dukungan pada Trump dalam sebuah unggahan di X setelah mantan presiden tersebut ditembak saat berpidato di sebuah kampanye di Butler, Pennsylvania, pada Sabtu (13/07/2024) malam.

Joe Lonsdale dari Palantir dan miliarder kripto Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss adalah di antara donor besar lainnya untuk kelompok tersebut, America PAC, yang bekerja untuk menjangkau pemilih dan meyakinkan mereka untuk datang ke tempat pemungutan suara pada bulan November.

Komite aksi politik (Political Action Committee/PAC) ini mengumpulkan US$8,8 juta pada kuartal kedua, menghabiskan US$7,8 juta, dan memulai bulan Juli dengan uang tunai kurang dari US$1 juta, menurut pengajuan terbaru mereka ke Komisi Pemilihan Umum Federal (Federal Election Commission/FEC).