Logo Bloomberg Technoz

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan hal ini bertujuan untuk mengakselerasi kerja sama terkait interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran lintas negara dengan menggunakan QR code, yakni QRIS dan QR Code pembayaran Korea Selatan yang akan ditentukan oleh BoK.

Dipaparkan, kerja sama ini akan membangun kerangka yang memfasilitasi pembayaran berbasis QR code antar kedua negara, termasuk operator sistem pembayaran atau penyedia jasa pembayaran.

Kesepakatan tersebut menandai dimulainya kerja sama antara BI dan BoK dalam mengimplementasikan konektivitas pembayaran berbasis QR code yang didukung sinergi erat pelaku industri kedua negara.

Inisiasi kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan pengembangan interkoneksi. Kemudian, dilanjutkan dengan tahap uji coba sebelum implementasi dilakukan secara penuh.

Laos

Bank of the Lao PDR (BOL) resmi bergabung dalam kerja sama konektivitas pembayaran kawasan atau biasa dikenal dengan regional payment connectivity (RPC).

Bergabungnya Brunei dan Laos dalam RPC akan mempercepat konektivitas pembayaran kawasan tersebut, yakni meliputi pembayaran berbasis QR code antar negara layaknya QRIS, maupun fast payment.

Bergabungnya bank sentral Laosd diresmikan melalui penandatanganan amandemen nota kesepahaman pada 3 April 2024, tepatnya di sela-sela pertemuan Gubernur bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN ke-11 di Luang Prabang, Laos.

“Bergabungnya BOL pada kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan menandai bertambahnya jumlah partisipan menjadi 9 bank sentral,” tulis Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam keterangan resminya.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam Central Bank (BDCB) resmi bergabung dalam kerja sama konektivitas pembayaran kawasan atau biasa dikenal dengan regional payment connectivity (RPC).

Bergabungnya Brunei dianggap akan mempercepat konektivitas pembayaran kawasan tersebut, yakni meliputi pembayaran berbasis QR code antar negara layaknya QRIS, maupun fast payment.

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menjelaskan bergabungnya bank sentral Brunei Darussalam ditandai dengan penandatanganan amandemen nota kesepahaman pada 29 Februari 2024.

“Kerja sama akan terus diperluas dengan melibatkan seluruh negara anggota ASEAN dan negara mitra lain di luar ASEAN,” tutur Erwin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/4/2024).

Singapura

QRIS di Singapura resmi berlaku pada 17 November 2023. Bank sentral kedua negara sepakat mengimplementasikan kerangka kerja penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal (local currency settlement) pada 2024. 

Melalui kerangka kerja LCT ini, interkoneksi pembayaran QR antarnegara akan menggunakan kuotasi langsung nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD). 

Kerangka ini akan memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara, termasuk pembayaran dengan QR, perdagangan, dan investasi antara Indonesia dan Singapura dengan menggunakan mata uang lokal masing-masing negara. 

Hal ini akan mendukung pelaku usaha dan pengguna lainnya untuk meminimalisir eksposur terhadap risiko nilai tukar dan meningkatkan efisiensi.

Vietnam 

BI dan State Bank of Vietnam (SBV) sepakat untuk bergabung dalam kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN pada Agustus 2023.

Kerja sama tersebut ditujukan untuk memperkuat dan mengembangkan sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, lebih murah, lebih transparan, dan inklusif.

Sejak diinisiasi pada 2022, kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan memperkuat peran bank sentral dalam mengembangkan dan mengakselerasi konektivitas pembayaran lintas negara. Konektivitas pembayaran kawasan tersebut antara lain meliputi pembayaran berbasis QR code maupun fast payment.

Konektivitas pembayaran lintas negara memberikan manfaat bagi aktivitas perekonomian lintas batas termasuk peningkatan akses Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap pasar internasional, serta kemudahan perdagangan, remitansi, dan wisatawan dalam melakukan transaksi di negara mitra.

Malaysia 

BI dan Bank Negara Malaysia (BNM) meresmikan kerja sama implementasi interkoneksi pembayaran antara berbasis QR Code pada Mei 2023 lalu.

Perry menyebut, kerja sama ini merupakan bukti penguatan Regional Payment Connectivity (RPC) untuk mendorong pembayaran lintas-negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah.

Thailand 

Bank Sentral kedua negara mengumumkan masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan pembayaran lewat QRIS di Thailand sejak Agustus 2022. 

Konektivitas pembayaran antara Indonesia dan Thailand akan menyediakan real-time cross border fund transfer untuk pekerja migran, ekspatriat, dan UMKM dalam melakukan transfer lintas negara secara efisien. BI dan bank sentral Thailand juga menyepakati inisiasi kerja sama transfer antarnegara (cross border transfer) melalui fast payment.

Filipina 

Bank Indonesia dan bank sentral Filipina (Bangko Sentral ng Pilipinas/BSP) telah sepakat menggunakan QRIS. Hal ini sesuai dengan komitmen dan kesepakatan untuk menyambungkan sistem pembayaran melalui QR code currency di ASEAN.

Jepang

Penandatanganan nota kerja sama terkait penggunaan QRIS Indonesia di Jepang berlangsung pada Jumat (9/12/2022) waktu setempat. Indonesia dan Jepang pun sepakat untuk bersinergi dalam implementasi pembayaran berbasis QR. 

Kerja sama itu bertujuan untuk mengakselerasi penerapan dan interoperabilitas pembayaran lintas batas atau negara dengan menggunakan QR code, yakni QR Code Indonesian Standard (QRIS) dan Japan Unified QR Code (JPQR).

Kerja sama sistem pembayaran berbasis QR code itu menjadi wujud nyata implementasi G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments. Lalu, kerja sama itu menjadi terobosan dalam memperkuat integrasi ekonomi kawasan, sejalan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN and co-Chairmanship Jepang pada ASEAN+3 pada 2023.

(mfd/lav)

No more pages