Logo Bloomberg Technoz

Pasar Obligasi Was-Was Menanti Menteri Keuangan Pilihan Prabowo

News
16 July 2024 11:30

Prabowo Subianto./Bloomberg-Christopher Pike
Prabowo Subianto./Bloomberg-Christopher Pike

Matthew Burgess dan Grace Sihombing - Bloomberg News

Bloomberg, Nasib pasar obligasi Indonesia yang sedang bergejolak mungkin sangat bergantung pada siapa yang dipilih Prabowo Subianto sebagai menteri keuangan.

Menurut para investor, seorang teknokrat seperti petahana Sri Mulyani Indrawati, mantan direktur pelaksana Bank Dunia yang dipuji karena menangani beban utang, akan jadi sosok yang penting untuk menghindari kenaikan imbal hasil yang lebih mahal.

Hal itu terjadi bulan lalu, ketika premi credit default swap (CDS) 5 tahun melonjak tajam dalam sehari dipicu oleh berita bahwa Prabowo sedang mempertimbangkan peningkatan pengeluaran negara yang akan mendorong beban utang ke level tertinggi dalam dua dekade.

Kasus yang terjadi di Prancis dan Meksiko tahun ini bisa menjadi gambaran bagaimana investor meminta pertanggungjawaban pemerintah karena melonggarkan anggaran. Dengan pelaku pasar yang waspada terhadap perubahan yang terjadi di Indonesia, selisih antara obligasi Indonesia dan India untuk sementara berbalik pada bulan Juni, sebuah pertanda investor mulai kurang berminat pada obligasi Indonesia. Premi risiko pada utang korporasi Indonesia dalam mata uang dolar AS juga melebar.