Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Menko Luhut mengatakan pemerintah telah menyiapkan beberapa langka untuk efisiensi penerbangan dan penurunan harga dan TBA tiket pesawat.

Adapun langkah-langkah efisiensi yang akan dilakukan yakni melalui:

  1. Evaluasi cost per block hour (CBH) dengan identifikasi dan merumuskan strategi untuk mengurangi nilai CBH berdasarkan jenis pesawat dan layanan penerbangan.
  2. Akselerasi kebijakan pembebasan bea masuk dan pembukaan lartas barang impor tertentu untuk kebutuhan penerbangan, karena biaya perawatan pesawat menyumbang 16% dari keseluruhan biaya setelah avtur.
  3. Mekanisme pengenaan tarif berdasarkan sektor rute dengan menyesuaikan mekanisme perhitungan tarif untuk mengurangi beban biaya pada tiket penerbangan, karena saat ini ada pengenaan dua kali tarif pajak pertambahan nilai (PPN), iuran wajib jasa raharja (IWJR), dan passenger service charge (PSC).
  4. Evaluasi peran pendapatan kargo terhadap pendapatan perusahaan penerbangan, yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan harga TBA.

"Terhitung sejak rapat ini dilakukan, seluruh langkah tersebut di atas selanjutnya akan dikomandoi langsung oleh Komite Supervisi Harga Tiket Angkutan Penerbangan Nasional. Mereka akan mengevaluasi secara detail harga tiket pesawat setiap bulannya," ungkap Luhut melalui Instagram resminya, Kamis (11/7/2024).

(spt)

No more pages