Logo Bloomberg Technoz

WNA yang Masuk RI Naik 7,2%, Paling Banyak Lewat Bali

Redaksi
16 July 2024 10:00

Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (Bali). (Dok. bali-airport.com)
Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (Bali). (Dok. bali-airport.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ditjen Imigrasi mencatat sepanjang periode Januari - Juni 2024, warga negara asing (WNA) yang masuk Indonesia naik 7,28% atau sebanyak 5.086.765 WNA.

Jumlah tersebut naik jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023, di mana tercatat ada 4.741.343 orang asing yang masuk RI.

“Saya kira ini progress yang bagus. Kami semakin baik dan begitu pula harapan saya untuk periode-periode berikutnya. Digitalisasi layanan yang kami terapkan cukup efektif dengan pengajuan visa secara online melalui evisa.imigrasi.go.id di mana penggunanya terkoneksi dengan autogate di bandara-bandara besar,” jelas Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim.

Dari seluruh WNA yang masuk ke Indonesia pada semester satu tahun 2024, sebanyak 68% di antaranya atau sejumlah 3.470.954 orang menggunakan visa on arrival (VoA) serta visa kunjungan.

Bandara Internasional Soekarno Hatta - Banten, Bandara Internasional Ngurah Rai - Bali dan Bandara Internasional Yogyakarta - DIY menjadi tiga bandara yang paling banyak dilewati pelintas mancanegara. Sementara itu, tiga pelabuhan internasional dengan volume perlintasan terbesar terletak di Provinsi Kepulauan Riau, yakni Ferry Terminal Batam Center, Pelabuhan Citra Tritunas Batam, dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.