Logo Bloomberg Technoz

Data Ekonomi AS Positif, Powell Isyaratkan Penurunan Suku Bunga

News
16 July 2024 08:50

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Amara Omeokwe - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan data ekonomi kuartal kedua telah memberikan keyakinan lebih besar kepada para pembuat kebijakan bahwa inflasi menuju target 2%. Hal ini kemungkinan akan membuka jalan bagi penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Powell menyoroti tiga data inflasi terbaru, meskipun dia menjelaskan bahwa dia tidak bermaksud mengirim pesan spesifik apa pun terkait waktu penurunan suku bunga. Dia juga menekankan potensi risiko terhadap pasar tenaga kerja, seiring dengan fokus The Fed yang terus berlanjut untuk mengendalikan harga.

"Kami tidak mendapatkan kepercayaan tambahan di kuartal pertama, tetapi tiga data pada kuartal kedua, termasuk satu data pekan lalu, menambah keyakinan," kata Powell pada Senin (15/07/2024) selama wawancara dengan David Rubenstein di Economic Club of Washington DC.

“Sekarang inflasi telah turun dan pasar tenaga kerja memang mendingin, kami akan melihat kedua mandat,” kata Powell. “Mereka dalam keseimbangan yang jauh lebih baik.”