Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Minta Kepala Daerah Genjot Imunisasi TBC dan Polio

Redaksi
16 July 2024 07:00

Ilustrasi imunisasi. (Carolina Cabral/Bloomberg)
Ilustrasi imunisasi. (Carolina Cabral/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan meminta bantuan Kementerian Dalam Negeri untuk menekan pemerintah daerah serius dalam penanganan penyakit tuberkulosis (TBC) dan polio. Bahkan, mereka meminta para kepala daerah membentuk satuan tugas atau satgas imunisasi dua penyakit yang serupa fenomena gunung es.

“Menteri Kesehatan sudah menyampaikan, dan ini sudah rapat di tingkat Presiden, [terkait] dua masalah penyakit ini," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada para kepala daerah di rapat koordinasi, Senin (15/7/2024).

Berdasarkan pantauan Kemendagri, kata dia, hanya 144 pemerintah daerah yang telah menerbitkan Instruksi Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN); dan mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang pembentuan tim, satgas, atau kelompok kerja (Pokja) PIN Polio. Angka yang lebih rendah terjadi pada penanganan imunisasi TBC. 

“Polio ini penyakit lama, vaksinnya ada, obatnya juga ada sebetulnya. Tapi kalau sudah [terjangkit] sekali, cacat seumur hidup,” ujar Tito.

Di sisi lain, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yudhi Pramono menyampaikan masih banyak pemda yang belum melaksanakan usaha untuk penanggulangan Polio dan TBC.