Logo Bloomberg Technoz

Menurut Adi, terlepas dari persoalan elektabilitas, Kaesang yang merupakan seorang ketua umum partai dan putra presiden dalam kalkulasi politik cukup rasional untuk maju dalam Pilgub Jakarta menantang Anies. 

“Kalau Kaesang yang maju di Jakarta head-to-head dengan Anis, saya kira akan menarik. Apalagi kan Kaesang Ketua Umum PSI dan juga adalah anak presiden. Tinggal diuji apakah di Jakarta akan menang atau tidak melawan Anies,” ucap Adi. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan akan mendukung penuh jika Kaesang maju menjadi cagub di Pilkada DKI Jakarta. Dia pun mengklaim akan mengusung kader dan pengusaha Jusuf Hamka sebagai bakal calon wakil gubernur bagi Ketua Umum PSI tersebut.

"Apabila kesempatan itu ada dan Kaesang siap maju [Pilkada DKI Jakarta], Golkar akan mendukung," kata Airlangga. "Kami siapkan [bidang] infrastrukturnya [Jusuf Hamka]."

Selain partai politik KIM, Wakil Presiden Terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka pun nampak memberikan bantuan politik bagi adik kandungnya. 

Wali Kota Solo ini tercatat beberapa kali tiba-tiba muncul di Jakarta dan melakukan kegiatan blusukan bersama pejabat atau pun artis ternama. Aksi blusukan Gibran ini disinyalir menjadi cara menguji elektabilitas trah Jokowi di Jakarta.

(mfd/frg)

No more pages