Logo Bloomberg Technoz

Pilkada Jakarta, KIM Uji Elektabilitas Kaesang Pangarep vs Anies

Mis Fransiska Dewi
16 July 2024 06:30

Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat menilai Koalisi Indonesia Maju (KIM) saat ini sedang menguji elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep untuk melawan eks calon presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai, para petinggi KIM berpotensi mengajukan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut sebagai calon gubernur atau pun calon wakil gubernur. Hal ini dilakukan usai Partai Golkar memberikan sinyal kuat enggan memboyong petahana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut kontestasi politik di Jakarta.

Meski demikian, Adi mengakui dalam sejumlah survei, elektabilitas Kaesang memang masih kalah jauh dibandingkan dengan Anies Baswedan. 

“Tapi kalau sudah diputuskan sebagai pasangan calon, sekalipun misalnya namanya tidak terlampau signifikan. Ada kerja-kerja politik, ada sosialisasi, ada penetrasi ke basis pemilih,” kata Adi saat dihubungi, Senin (15/7/2024). 

“Ya saya kira memang disitulah kemudian secara perlahan elektabilitas sang calon seperti Kaesang itu juga akan menunjukkan hasilnya. Apakah positif atau negatif.”