Logo Bloomberg Technoz

Ditjen Pajak: Ada Percobaan Peretasan Phising Aplikasi M-Pajak

Redaksi
16 July 2024 09:20

Wajib pajak melakukan pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Jakarta Cilandak, Kamis (7/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Wajib pajak melakukan pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Jakarta Cilandak, Kamis (7/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) mengumumkan terdapat percobaan peretasan dengan metode phising yang mengatasnamakan lembaganya pada aplikasi M-Pajak dengan alamat https://djp.dor-go.cc.

Sebagai informasi, phising merupakan penipuan untuk mendapatkan data penting orang lain yang berpotensi disalahgunakan dengan mengirimkan pesan melalui e-mail, SMS, atau saluran lain mengatasnamakan instansi resmi.

Phising tersebut mengandung tautan unduh (link download) aplikasi yang berbahaya karena meminta wajib pajak melakukan pembaruan (update) data peribadi.

"Hal ini berdasarkan operasi siber yang dilaksanakan Ditjen Pajak pada tanggal 12 Juli 2024," demikian tertulis dalam keterangan di laman resmi Ditjen Pajak, Senin (15/7/2024).

Maka itu, Ditjen Pajak mengimbau masyarakat atau wajib pajak untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas dalam jaringan (online), termasuk dalam melakukan aktivitas keuangan dan perpajakan, serta hindari mengklik tautan yang berasal dari sumber yang tidak jelas.